Minggu, 27 Januari 2013

ANALISA DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS


Pembangunan jalan sangat diperlukan terutama sebagai sarana transportasi darat. Mobilitas manusia dan barang dengan kendaraan bermotor berkembang begitu cepat sebagai peningkatan kesejahteraan dan kemajuan teknologi transportasi. Hal ini berdampak pada meningkatnya frekuensi kecelakaan lalu lintas dengan korban pengemudi maupun masyarakat pemakai jalan.
Banyak penyebab meningkatnya kecelakaan di jalan selain pertambahan penduduk dan kemakmuran yang menyebabkan semakin banyak orang bepergian, dan ini berawal dari sikap acuh perseorangan dan sikap merasa aman pada lingkungan yang serba mesin. Faktor lain yang menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah keadaan jalan dan lingkungan, kondisi kendaraan, dan keadaan pengemudi.
Kabupaten Demak adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten Demak memiliki luas 881,17 km² yang terbagi dalam 15 Kecamatan dan 285 Kelurahan. Berdasarkan peta topografi terdiri dari dataran rendah, sedangkan kota Demak terbentuk oleh pusat-pusat kegiatan dengan jaringan struktur sesuai dengan rencana pengembangan kota. Jalan raya Sultan Trenggono Demak adalah jalan raya yang menghubungkan antara jalan raya Semarang-Demak dan jalan menuju kota Demak.
Perkembangan lalu lintas di kota Demak saat ini terasa sangat pesat. Hal ini sangat dimungkinkan karena letak kota Demak sangat strategis yaitu terletak pada jalur pantura sebagai jalur lintas utama di pulau Jawa. Pertumbuhan lalu lintas yang sangat tinggi di Kabupaten Demak mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas di suatu ruas seperti jalan Sultan Trenggono ini terus meningkat. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan bagi pengguna jalan tersebut. Ruas jalan ini menyerap lalu lintas berat seperti truk, bus dan jenis kendaraan roda empat lainya bahkan kendaraan beroda dua. Hal ini menyebabkan sangat padatnya arus lalu lintas di ruas jalan Sultan Trenggono ini sehingga dapat menimbulkan permasalahan-permasalahan lalu lintas khususnya kecelakaan lalu lintas.
Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan raya selain pertumbuhan penduduk dan kemakmuran, yang mengakibatkan semakin banyak orang bepergian. Tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh masih rendahnya pemahaman masyarakat atau pengguna jalan akan keselamatan dan aturan lalu lintas, yang mempunyai tingkat pertumbuhan lalu lintas tinggi. Sedangkan usaha-usaha peningkatan keselamtan lalu lintas, selama ini masih relatif kurang sehingga masih banyak masalah-masalah yang perlu diselesaikan.
Dalam usaha mengurangi angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan serta kenyamanan lalu lintas di jalan raya, maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengatasi masalah tersebut. Banyak sekali usaha-usaha peningkatan keselamatan dan kenyamanan lalu lintas yang telah dilakukan oleh berbagai pihak, untuk mengatasi hal-hal tersebut diatas. Namun selama ini usaha-usaha tersebut sebagian besar masih dalam tahap teori dan perencanaan saja. Hal tersebut berhubungan dengan terbatasnya dan dan tenaga-tenaga pelaksanaan di lapangan yang masih sedikit, serta kepedulian masyarakat tentang pentingnya keselamatan yang belum benar-benar ditaati. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus dari instansi yang berkompeten dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas, serta para pengguna jalan jalur pantura pada ruas jalan Sultan Trenggono Demak.
Berdasarkan uraian diatas maka perlu dilakukan suatu penelitian tentang Analisa Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di jalan Sutan Trenggono Demak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar